Advertisement

Tampak Mirip Telur Dadar? Mengenal Lebih Dekat Okonomiyaki


Siapa di antara kalian yang suka makanan Jepang? Tidak perlu jauh-jauh pergi ke negeri sakura untuk mencicipi masakan Jepang. Bila datang ke festival Jepang yang ada di Indonesia, kalian dapat menjumpai sejumlah pedagang yang menjual makanan Jepang. 

Okonomiyaki adalah salah satu makanan Jepang yang dapat dinikmati di tanah air. Makanan satu ini berasal dari kata okonomi (お好み) yang berarti sesuai kesukaan dan yaki (焼き) yang berarti panggang. 

Bahan utama pembuatannya adalah tepung terigu, irisan kol, telur, daun bawang, daging seperti udang maupun cumi-cumi. Di Jepang sendiri, cara pembuatannya berbeda-beda sesuai dengan wilayahnya. Namun, yang umum ditemui adalah style Osaka (Kansai), Hiroshima, dan Tokyo.

Saat datang ke festival Jepang di Bandung, saya sempat membeli okonomiyaki dan melihat cara sang penjual membuatnya. Adonan yang telah disiapkan dipanggang di atas penggorengan datar yang disebut teppan. Setelah bagian bawah matang, selanjutnya di balik untuk mematangkan sisi yang berlawanan. Caranya seperti membuat telur dadar. Bentuknya pun mirip. Setelah matang, diberikan topping sesuai selera. Dapat dinikmati dengan saos serta mayonnaise.

Ada yang berminat coba membuatnya di rumah?

Post a Comment

0 Comments